Pelatihan Kader Pendamping Ibu Hamil Resti ” KAJI SAWO MATENG”

KALANGLUNDO-GROBOGAN.DESA.ID = Dalam Rangka Menindaklanjuti Surat dari Puskesmas Ngaringan No. 440/18/2021, Tim Penggerak PKK Desa Kalanglundo Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Kader Pendamping Ibu Hamil Resti KAJI SAWO MATENG ( Kader Siji Sak Wong Meteng) di Balai Desa Kalanglundo, Rabu (22/12).

Kegiatan Kaji Sawo Mateng Ini di hadiri Petugas dari Puskesmas Ngaringan, Seluruh Kader Posyandu Se Desa Kalanglundo, dan Kepala Desa Beserta Perangkat Desa Kalanglundo. Acara dibuka langsung olek bapak Sekdes Kalanglundo (bapak Nahrowi), di lanjutkan pemaparan Materi Pelatihan Kader Pendamping Ibu Hamil Kaji Sawo Mateng oleh petugas dari Puskesmas Ngaringan.

program Pendampingan Bumil Risti Kaji Sawo Mateng (Kader Siji Sak Wong Meteng) yaitu 1 orang kader mendampingi 1 bumil yang risti. Bumil Risti sendiri adalah Ibu Hamil yang mengalami risiko atau bahaya yang lebih besar pada waktu kehamilan maupun persalinan, bila dibandingkan dengan Ibu Hamil yang normal.

Perlu diketahui yang termasuk Ibu Hamil dengan Risiko Tinggi adalah :
– Ibu dengan tinggi badan kurang dari 145 cm.
– Bentuk panggul ibu yang tidak normal.
– Badan Ibu kurus pucat.
– Umur Ibu kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun
– Jumlah anak lebih dari 4 orang.
– Jarak kelahiran anak kurang dari 2 tahun.
– Adanya kesulitan pada kehamilan atau persalinan yang lalu.
– Sering terjadi keguguran sebelumnya.
– Kepala pusing hebat. Kaki bengkak.
– Perdarahan pada waktu hamil.
– Keluar air ketuban pada waktu hamil.
– Batuk-batuk lama.

Tentunya Program pendampingan ibu hamil beresiko tinggi oleh kader posyandu ini sangatlah penting. Tujuan secara umum untuk mendeteksi/mengenal secara dini agar bahaya dari resiko tersebut bisa dicegah. Tujuan lainnya adalah untuk memberikan motivasi dan penyuluhan kepada ibu hamil, keluarga dan orang-orang yang berpengaruh terhadap ibu hamil tersebut sampai mendapatkan pelayanan persalinan oleh tenaga kesehatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*