Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan Selenggarakan Fogging di Desa Kalanglundo Kec Ngaringan

KALANGLUNDO-GROBOGAN.DESA.ID Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan melaksanakan penyemprotan Fogging di Desa Kalanglundo tepatnya di Rt. 06 & 07 Dusun Krajan II, kegiatan tersebut bekerjasama dengan Perangkat Desa setempat dan tim dari Puskesmas Ngaringan dalam upaya pencegahan dari penyebaran penyakit demam berdarah di wilayah tersebut.

Vaktor utama penularan penyakit ini adalah nyamuk  Aedes aegypti yang dapat bertelur di tempat basah mana saja, meski sangat kecil. Mereka dapat ditemukan di tumpukan sampah ataupun genangan air.  Telurnya juga dapat bertahan di tempat yang kering dalam jangka waktu yang panjang, bahkan hingga satu tahun dan menetas saat terendam kembali dalam air. Walau bukan metode pencegahan utama, fogging adalah salah satu cara yang masih dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes agypti dewasa. Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun.

Di Rt 06 & 07 sendiri sudah ada beberapa warga yang Terjangkit demam berdarah dengeu (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini, maka dari itu selain Fogging warga diminta melakukan upaya pencegahan lain yaitu 3M :

  1. Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air, seperti bak mandi, ember,
  2. Menutup rapat tempat-tempat yang dapat menampung air, seperti kendi, vas, toren air,
  3. Mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembang biakan nyamuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*